Sari, Putika (2023) Penerapan metode pembelajaran tradisional di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Desa Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL-1811158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (804kB)
BAB I-1811158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (536kB) | Request a copy
BAB II-1811158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (515kB) | Request a copy
BAB III-1811158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (212kB) | Request a copy
BAB IV-1811158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (357kB) | Request a copy
BAB V-1811158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA-1811158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (546kB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini adalah suatu kajian ilmiah yang membahas tentang penerapan metode pembelajaran tradisional di pondok pesantren Nurul Muhibbin desa Kemuja. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tertua di nusantara. Dalam sejarah perkembangannya pondok pesantren memiliki peranana yang sangat besar dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pondok pesantren telah membuktikan eksistensi dan kiprahnya menjadi dinamisator dalam setiap proses perjuangan dan pembangunan bangsa. Kiprahnya tidak hanya sebatas sebagai lembaga pendidikan, namun juga merupakan lembaga perjuangan, lembaga sosial, ekonomi, lembaga spiritual keagamaan dan dakwah. Sering dengan terjadinya perubahan sosial disegala bidang pendidikan, sudah tentu berpengaruh terhadap keberadaan lembaga pendidikan Islam tradisional seperti pondok pesantren. Dengan kondisi sekarang maka secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap penerapan metode pembelajaran tradisional di pondok pesantren Nurul Muhibbin desa Kemuja. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan langkah-langkah yaitu redukasi data (data reduction), penyajian data (display data), verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi pembelajaran kurikulum salafiyah di pondok pesantren Nurul Muhibbin dapat dilihat pada aspek 1. Pendidikan Keagamaan yaitu mengkaji ajaran dan ilmu pengetahuan tentang agama Islam. 2. Lembaga Sosial yaitu selalu berusaha menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan tidak membeda-bedakan ras.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penerapan; pondok pesantren |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Putika Sari |
Date Deposited: | 22 May 2023 04:10 |
Last Modified: | 22 May 2023 04:10 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/484 |