Emylinda, Desty Anggrayni (2023) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (499kB) | Request a copy
BAB II_1811046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (634kB) | Request a copy
BAB III_1811046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (882kB) | Request a copy
BAB IV_1811046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (626kB) | Request a copy
BAB V_1811046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (303kB) | Request a copy
Abstract
Kedisiplinan sangat penting ditanamkan dalam diri peserta didik, karena dengan adanya penanaman sikap disiplin akan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif. Kedisiplinan dalam proses pembelajaran dapat menjadi penentu hasil belajar siswa. Hasil belajar seringkali digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik menguasai pelajaran yang sudah diajarkan. Peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas viii di SMP Negeri 1 Lubuk Besar.
Penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dari penelitian ini yaitu semua jumlah peserta didik angkatan 2021 yaitu kelas VIII sebayang 212 peserta didik. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 50% dari jumlah populasi dengan jumlah sampel 106 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti yaitu 0,095 atau 9,5% yang mana kategorinya masuk pada kategori sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (10,956 > 3,93) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Beserta Hasil uji hipotesis antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (3,310 > 0,676) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas viii di SMP Negeri 1 Lubuk Besar memiliki pengaruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kedisiplinan belajar; hasil belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Desty Anggrayni Emylinda |
Date Deposited: | 17 May 2023 06:46 |
Last Modified: | 17 May 2023 06:46 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/460 |