Hakiki, Nusril (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 3 Airgegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_ 1711125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (249kB)
BAB II_ 1711125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
BAB III_ 1711125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (466kB)
BAB IV_ 1711125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (433kB)
Abstract
INDONESIA:
Peningkatan kualitas pendidikan di setiap jenjang pendidikan diperlukan agar dapat memperoleh kualitas sumber daya manusia untuk menunjang pembangunan nasional di negara Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut yaitu dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Untuk itu penggunaan media khususnya media audio visual dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Media audio visual merupakan media yang dapat meningkatkan konsentrasi siswa, memudahkan siswa dalam memahami materi dan dapat mengembangkan pengetahuan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Airgegas.
Pada penelitian diatas menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan soal pilihan ganda yang disebarkan kepada siswa kelas IX dengan sampel sebanyak 54 siswa, kemudian data dianalisis menggunakan rumus chi kuadrat, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio visual pada materi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Airgegas dapat meningkatkan semangat ataupun antusias dan dapat menerima proses pembelajaran dengan menerapkan media audio visual. Pengaruh penggunakan media audio visual terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat diperoleh dari hasil perhitungan Koefisien Kontingensi (KK)= 0,383 dan dilihat dari hasil perhitungan chi kuadrat yang diuji pada taraf signifikan 5%. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa X2hitung > X2tabel yaitu 9,332 > 5,591. Hal ini berarti hipotesis diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikanantara penerapan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan pemahaman siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | media audio visua; pemahaman; pendidikan agama islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 05:49 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 05:49 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4241 |
