Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penerapan model experiential learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti peserta didik Kelas IV di SD Negeri 06 Mendo Barat

Wijaksono, Muhammad Baref (2021) Pengaruh penerapan model experiential learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti peserta didik Kelas IV di SD Negeri 06 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1711102.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1711102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_1711102.pdf] Text
BAB I_1711102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[thumbnail of BAB II_1711102.pdf] Text
BAB II_1711102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[thumbnail of BAB III_1711102.pdf] Text
BAB III_1711102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[thumbnail of BAB IV_1711102.pdf] Text
BAB IV_1711102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[thumbnail of BAB V_1711102.pdf] Text
BAB V_1711102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1711102.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1711102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi mari berperilaku terpuji. Rendahnya hasil belajar peserta didik diakibatkan peserta didik tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan guru masih mengunakan metode konvensional pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model experiential learning terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti peserta didik kelas IV di SD Negeri 06 Mendo Barat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu pre experimental. Desain yang digunakan dalam penelitian dengan one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling yaitu sampling jenuh. Variabel bebas penelitian ini adalah model experiential learning dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini yang dijadikan populasi dan sampel berjumlah
19 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-Test Paired.

Hasil pengumpulan data dan analisis data menunjukan bahwa nilai rata- rata hasil belajar siswa pada materi mari berperilaku terpuji melalalui penerapan model pembelajaran experiential learning mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihan dari hasil pretest peserta didik diperoleh rata-rata 40,47 dan rata-rata posttest 81,05. Dari dari rata-rata hasil belajar pretest dan posttest hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI materi mari berperilaku terpuji mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan rumus paired diperoleh nilai dengan hasil ttabel 1,734 dan thitung 34,250, Berdasarkan kriteria thitung>ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model experiential learning,terdapat pengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi mari berperilaku terpuji di SD Negeri 06 Mendo Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: hasil belajar siswa; model experiential learning
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:51
Last Modified: 18 Nov 2025 03:19
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4235

Actions (login required)

View Item
View Item