Irpandi, Muhammad (2021) Efektivitas penerapan metode peer teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas IV materi salat di SDN 06 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _ 1711105.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
BAB II _ 1711105.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB)
BAB III _ 1711105.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (524kB)
BAB IV_ 1711105.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (406kB)
BAB V _ 1711105.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
DAFTAR PUSTAKA_ 1711105.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB)
Abstract
INDONESIA:
Diarnbilnya pcrrnasalahan ini berdasarkan pengamatan penulis kctika melihat proses bc\ajar mengajar di SDN 06 Mendo Baral. Yang mana dalam pengamatan tersebut penulis menemukan metodc pcmhclajaran yang digunakan di SDN 06 Mendo Baral masih kurang efektif. ha! ini dibuk1ikan dengan masih ban}aknyu para siswa yang mendapat mlai dibawah rata-rata ket1ka mengikuti evaluasi rcmhdaJaran. dan masih banyak para siswa yang tidak aktif ke1ika mcngikuu proses pembelajaran. Oleh karena itu penulis ingin mencoba melihat apakah penerapan mctode peer tea,:hing ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SON 06 Mendo Barat atuu tidak.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penclitian eksperimen dengan dua variabel. yaitu variabel terikat dan variabcl bebas, yang mana variabel terikatnya adalah hasil bclajar siswa, dan variabcl bcbasnya adalah metode peer leaching. Penelitian ini mcnggunakan metodc pcnelitian eksperimen k.arena penulis ingin menguji coba pcnerapan mctodc mbclajanm peer reaching dalam pembclajaran PAI
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode peer leaching ini sangat efcktif dalam mcningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari terjadinya peningkatan yang signifikan antara sebelum dan setelah diterapkannya metode peer reaching Yang mana dapat kita kctahui bahwa dalam penelitian ini semua siswa sudah berhasil mencapai KKM ketika metode peer leaching ini sclesai diterapkan, yaitu dengan rata-rata 88,72, ha! ini sangat baik jika dibandingkan dengan scbclum diterapkannya metode peer leaching yang hanya mendapatkan nilai rala-rata sebcsar 44,72. Tidak hanya itu dilihat dari hasil uji t nya menunjukan bahwa nilai signifikansinya < 0,05 yang berarti terdapat pengamh yang signifikan antara sebelum dan sctdah diterapkannya metode peer reaching ini,
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode pembeiajaran peer teaching; materi salal |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 04:55 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 04:55 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4232 |
