Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 6 Pangkalpinang

Riduan, Ansori (2025) Peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 6 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811247.pdf] Text
Halaman Awal_1811247.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1_1811247.pdf] Text
BAB 1_1811247.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811247.pdf] Text
BAB II_1811247.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811247.pdf] Text
BAB III_1811247.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811247.pdf] Text
BAB IV_1811247.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811247.pdf] Text
BAB V_1811247.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1811247.pdf] Text
Daftar Pustaka_1811247.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi indikasi masalah pada pengembangan kecerdasan emosional siswa. Indikasi meliputi: (1) kesulitan mengendalikan emosi (mudah tersinggung/marah); (2) kurang mampu menyadari/ mengekspresikan perasaan sendiri; (3) kurang empati terhadap teman; (4) sulit menjalin hubungan sosial (sulit bekerja kelompok, kurang kompromi); serta (5) tidak bisa mengelola tekanan/stres (cemas saat ujian).

Berdasarkan masalah tersebut, skripsi ini bertujuan: Pertama, mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 6 Pangkalpinang. Kedua, mengidentifikasi upaya guru dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa.

Hasil penelitian menunjukkan, peran guru PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Pangkalpinang krusial dalam mengembangkan kecerdasan emosional. Kecerdasan ini memungkinkan siswa mengelola emosi untuk adaptasi lingkungan dan situasi. Aspek kecerdasan emosional yang dikembangkan mencakup pengaturan diri, kemampuan memotivasi, dan empati.

Salah satu upaya guru PAI dan Budi Pekerti adalah penanaman nilai-nilai keagamaan. Nilai-nilai seperti kesabaran, empati, rasa syukur, dan saling menghormati ditanamkan melalui pembelajaran langsung (kajian akhlak, kisah nabi) maupun pembiasaan sikap positif sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: peran; guru; kecerdasan emosional
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ansori Riduan
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:10
Last Modified: 29 Oct 2025 07:10
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item
View Item