Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan minat siswa untuk bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pulau Besar Bangka Selatan

Muhlisin, Muhlisin (2025) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan minat siswa untuk bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pulau Besar Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811256.pdf] Text
Halaman Awal_1811256.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1811256.pdf] Text
BAB I_1811256.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811256.pdf] Text
BAB II_1811256.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811256.pdf] Text
BAB III_1811256.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811256.pdf] Text
BAB IV_1811256.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811256.pdf] Text
BAB V_1811256.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1811256.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1811256.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Sebuah madrasah harus berupaya mengembangkan visi, tujuan dan sasaran yang telah dibuat ke dalam upaya-upaya untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran tersebut. Oleh karena itu kepala madrasah harus melakukan strategi promosi agar madrasah lebih dikenal dan lebih maju, termasuk di MTs Pondok Pesantren Darul Hikmah Pulau Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan minat siswa agar bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pulau Besar Bangka Selatan dan apa faktor pendukung dan kendala strategi kepala madrasah dalam meningkatkan minat siswa untuk bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian kualitatif ialah suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif dalam bentuk rangkaian kata baik tertulis dan lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menerapkan beberapa strategi antara lain pendekatan dan pengenalan madrasah kepada masyarakat, prestasi siswa dalam perlombaan, pembuatan brosur, promosi menggunakan media sosial, menonjolkan fasilatas madrasah dan melibatkan alumni dalam promosi. adapun faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaaan strategi yaitu dukungan dari guru dan tenaga pendidik, partisipasi orang tua dan murid, prestasi siswa, fasilitas yang memadai, letak geografis, persaingan dengan sekolah sederajat, kualitas pembelajaran belum maksimal, kurangnya program unggulan, keterbatasan anggaran dan kurangnya promosi menggunakan media digital. Dengan demikian strategi yang telah diterapkan belum begitu berhasil dalam menarik minat calon siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi;kepala madrasah;minat siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Muhlisin Muhlisin
Date Deposited: 22 Oct 2025 03:30
Last Modified: 22 Oct 2025 03:30
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4218

Actions (login required)

View Item
View Item