Oktavia, Oktavia (2025) Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Desa Jebus Kecamatan Jebus. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (887kB)
BAB I _1812041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (85kB) | Request a copy
BAB II_ 1812041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
BAB IV_1812041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB) | Request a copy
BAB V_1812041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (26kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1812041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (65kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Skirpsi ini berjudul dampak bermain gadget bagi perkembangan sosial emosional anak usia dini 5-6 tahun di desa Jebus Kecamatan Jebus dengan permasalahnnya. Bagaimana dampak penggunaan gadget bagi peprkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Desa Jebus Kecamatan Jebus.
Skripsi ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat desktiptif, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melakukan melalui tiga tahapan yaitu melakukan redukasi data yang dianggap penting, kemudian menyajikan data yang sudah dipilih sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan yaitu, yang dilakukan di desa Jebus kecamatan Jebus dapat di simpulkan bahwa penggunaan gadget memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penggunaan gadget yang berlebihan dan tanpa pengawasan menyebabkan terhambatnya kemampuan anak dalam bersosialisasi, mengekspresikan emosi, serta berempati terhadap orang lain. Sebaliknya, anak-anak yang menggunakkan gadget dalam durasi yang terbatas dan didampingi oleh orang tua menunjukkan perkembangan sosial emosional yang lebih stabil. Dengan demikian, penggunaan gadget pada anak usia dini harus dilakukkan secara bijak,dengan mempertimbangkan kebutuhan perkembangan anak yang menyeluruh.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | dampak gadget; perkembangan sosial emosional |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Oktavia Purba |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:53 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 03:57 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4188 |
