Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penerapan media loose parts dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Al-Kindi Preschool Pangkalpinang

Lestari, Dwi (2025) Penerapan media loose parts dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Al-Kindi Preschool Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2112018.pdf] Text
Halaman Awal_2112018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (897kB)
[thumbnail of BAB I_2112018.pdf] Text
BAB I_2112018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2112018.pdf] Text
BAB II_2112018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2112018.pdf] Text
BAB III_2112018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2112018.pdf] Text
BAB IV_2112018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2112018.pdf] Text
BAB V_2112018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2112018.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2112018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Pendidikan anak usia dini, salah satu perkembangan anak yang perlu dikembangkan yaitu perkembangan kognitif. Karena pada dasarnya, perkembangan kognitif anak sangat mempengaruhi perkembangan anak pada masa pendidikan selanjutnya. Perkembangan kognitif merupakan perkembangan kemampuan anak untuk berpikir lebih kompleks serta kemampuan melakukan penalaran dan pemecahan masalah. Penerapan media loose parts ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru untuk bisa meningkatkan perkembangan kognitif anak. Tujuan peneliti yaitu, untuk mengetahui bagaimana penerapan media loose parts dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Al- Kindi Preschool Pangkalpinang, untuk mengetahui hasil penerapan media loose parts dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 Tahun di TK Al-Kindi Preschool Pangkalpinang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada informan yaitu kepada kepala sekolah, guru kelas dan anak-anak usia 4-5 tahun di TK Al-Kindi Preschool Pangakalpinang. Subjek penelitian yaitu berjumlah 9 orang anak, yaitu 6 anak laki-laki dan 3 anak perempuan yang ada di kelas A Bintang Laut I di TK Al-Kindi Preschool Pangkalpinang. Penelitian dengan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan gambaran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media loose parts dilakukan melalui berbagai tahapan: tahap perencanaan, guru menyediakan alat dan bahan, mengenalkan bahan-bahan yang akan digunakan, mengarahkan anak dan memberikan contoh dan melakukan pengamatan, kemudian tahap evaluasi dengan memperhatikan skala pencapaian perkembangan, catatan enekdot, dan hasil karya anak. Hasil dari penerapan media loose part dalam perkembangan kognitif anak yaitu, anak mampu memecahkan masalah tanpa bantuan dari guru yang dimana sudah banyak anak yang bisa, anak mampu menghasilkan ide atau gagasan, anak mampu memahami pengetahuan dan pengalaman, anak mampu mengenal bentuk, warna dan ukuran, serta anak mampu mengenal lambang angka dan huruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: media loose parts; perkembangan kognitif; anak usia dini
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Dwi Lestari
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:36
Last Modified: 17 Oct 2025 03:47
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4165

Actions (login required)

View Item
View Item