Melani, Tasya (2025) Pembelajaran inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111245.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (896kB)
BAB I_2111245.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (441kB) | Request a copy
BAB II_2111245.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (285kB) | Request a copy
BAB III_2111245.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (355kB) | Request a copy
BAB IV_2111245.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (391kB) | Request a copy
BAB V_2111245.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (194kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111245.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (226kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini membahas isu pendidikan inklusif untuk siswa sekolah dasar yang berkebutuhan khusus. Mengetahui bagaimana pembelajaran inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Air Gegas, mengetahui makna pembelajaran inklusif bagi stakeholder (kepala sekolah, guru PAI, wali murid) dan mengetahui bagaimana pembelajaran inklusif diorganisir di SD Negeri se-Kecamatan Air Gegas merupakan tujuan dari penelitian ini. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu memperluas, mengembangkan pemahaman mahasiswa mengenai pendidikan inklusif untuk anak luar biasa yang bersekolah di SD Negeri.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metodologi deskriptif dan bersifat kualitatif. Kepala sekolah, guru PAI dan wali murid SD Negeri se-Kecamatan Air Gegas merupakan informan penelitian yang digunakan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dalam skripsi ini. Penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan merupakan beberapa pendekatan analisis data yang digunakan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Air Gegas pada mapel PAI menggunakan model kelas inklusif penuh dan pull out. Dari 7 sekolah hanya SDN 11 Air Gegas yang menggunakan model pembelajaran inklusif kelas pull out dan 6 SD lainnya menggunakan model kelas inklusif penuh serta pembelajaran inklusif dapat diorganisir di SD Negeri seKecamatan Air Gegas dengan penempatan tempat duduk ABK berada disamping meja guru sehingga diberikan perhatian khusus. Penelitian ini sependapat dengan penelitian Desi Kurniasari, Nur Windahasti dan Ayu Nova Hidayati yang menunjukkan penggunaan model kelas inklusif penuh dapat membantu meningkatkan pemahaman ABK jika di sekolah mempunyai guru pendamping khusus. Penelitian ini tidak sependapat dengan Siti Rofikoh, Senta Alisah, Salva Aruni, Assis Faizul, Teni Susanti dan Wati bahwa penggunaan model kelas inklusif penuh tidak dapat meningkatkan pemahaman ABK karena guru terfokus pada anak reguler. Penelitian ini melanjutkan penelitian yang dilakukan Yesi Puspita, namun penelitian ini memperluas fokus pembelajaran inklusif yang melibatkan kepala sekolah, guru PAI dan wali murid, sehingga memberikan sudut pandang yang lebih luas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pembelajaran inklusif; makna pembelajaran inklusif; pembelajaran inklusif diorganisir |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Tasya Melani |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 01:55 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 01:55 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4162 |
