Julia, Julia (2025) Implementasi model cooperative learning tipe think pair share terhadap peningkatan pemahaman pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Air Gegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111243.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_2111243.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (240kB) | Request a copy
BAB II_2111243.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (210kB) | Request a copy
BAB III_2111243.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB) | Request a copy
BAB IV_2111243.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (319kB) | Request a copy
BAB V_2111243.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (53kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111243.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (202kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model cooperative learning tipe think pair share dan hasil dari implementasi model tersebut untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh penerapan model cooperative tipe Think Pair Share terhadap peningkatan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Air Gegas. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi PAI akibat penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan cenderung pasif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model cooperative learning tipe think pair share dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep PAI yang diberikan sebelum pembelajaran (pretest) dan sesudah pembelajaran (posttest). Berdasarkan uji normalitas, data tidak berdistribusi normal sehingga analisis menggunakan uji Mann-Whitney U.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil posttest kedua kelompok. Peserta didik yang diajar dengan model cooperative learning tipe think pair share menunjukkan peningkatan pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol Hal ini membuktikan bahwa model Think Pair Share efektif dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Air Gegas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | think pair share; cooperative learning; peningkatan pemahaman |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Julia Julia |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 01:50 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 01:50 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4160 |
