Nuryanti, Kasmi (2025) Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
1. HALAMAN AWAL_2011219.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (987kB)
2. BAB I_2011219.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (246kB) | Request a copy
3. BAB II_2011219.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB) | Request a copy
4. BAB III_2011219.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (321kB) | Request a copy
5. BAB IV_2011219.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (418kB) | Request a copy
6. BAB V_2011219.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (139kB) | Request a copy
7. DAFTAR PUSTAKA_2011219.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (172kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Mawas Diri dan Intropeksi Dalam Menjalani Kehidupan) di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru. Masalah dari penelitian ini adalah terkait kondidsi siswa pada saat proses pembelajaran seringkali tidak memperhatikan penjelasan guru dan terkesan jenuh bila guru hanya menjelaskan materi dengan metode ceramah saja, sehingga hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang baik dengan rata-rata nilai 74 yang berarti dibawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 76. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari media puzzle terhadap hasil belajar siswa. media puzzle dapat disebut permainan edukasi karena tidak hanya untuk bermain tetapi juga mengasah otak dan melatih antara kecepatan pikiran dan tangan. Oleh karena itu, media puzzle diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Mawas Diri dan Intropeksi Dalam Menjalani Kehidupan) di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimental) yang dimana terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media puzzle dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. (2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 74,00 dalam kategori baik, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yaitu 83,60 dalam kategori sangat baik. Sehingga nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. (3) Pada pengujian hipotesis dengan uji independent sample t-test diperoleh hasil hasil nilai signifikansi 0,018 yang apabila dibandingkan dengan 0,05 maka 0,018 < 0,05 atau t hitung 2,455 > t tabel 2,074 maka berdasarkan kriteria pengujian dapat kita ketahui bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle pada saat pembelajaran memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Mawas Diri dan Intropeksi Dalam Menjalani Kehidupan) di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengaruh; pendidikan agama Islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Kasmi Nuryanti |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 07:52 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 07:52 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4150 |
