Pratama, Pratama (2025) Penerapan tujuh sunah harian dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Muhammadiyah Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (301kB) | Request a copy
BAB II_1811155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (393kB) | Request a copy
BAB III_1811155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB) | Request a copy
BAB IV_1811155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1811155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pentingnya membentuk karakter peserta didik melalui Program tujuh sunah harian. Hal ini disebabkan pendidikan karakter siswa belum berkembang dengan sempurna, yang membuat karakter siswa belum terbentuk. Selain itu, di dalam mengembangkan karakter siswa menggunakan program tujuh sunah harian yang di dalamnya menanamkan nilai-nilai Agama yang sangat bermanfaat bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti ini menjelaskan bagaimana penerapan tujuh sunah harian dalam membentuk karakter peserta didik di SMA Muhammadiyah Toboali.
Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara mendalam kepada kepala sekolah dan guru-guru yang terlibat dalam program tujuh sunah harian. Serta diperkuat dengan observasi dan dokumentasi kegiatan saat penelitian. Subjek penelitian yaitu berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasih data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan karakter siswa kelas IPA 1 yaitu dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan yaitu seluruh warga SMA Muhammadiyah Toboali berkomitmen mengamalkan program tujuh sunah harian sebelum pembelajaran di mulai, mendorong siswa untuk melaksanakn program tujuh sunah harian dan membantu setiap siswa untuk mengenal potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optiman, dan tahap evaluasi. Sedangkan hasil penerapan tujuh sunah harian dalam membentuk karakter peserta didik berkembang sesuai harapan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pendidikan karakter; peserta didik; sunah harian |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Pratama Pratama |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 07:29 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 07:29 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4144 |
