Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Game online di kalangan mahasiswa: Studi pada perilaku mahasiswa Prodi PAI Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Ramadhani, Syahri (2025) Game online di kalangan mahasiswa: Studi pada perilaku mahasiswa Prodi PAI Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_Syahri_organized.pdf] Text
HALAMAN AWAL_Syahri_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (217kB)
[thumbnail of BAB I_191103.pdf] Text
BAB I_191103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_191103.pdf] Text
BAB II_191103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_191103.pdf] Text
BAB III_191103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_191103.pdf] Text
BAB IV_191103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_191103.pdf] Text
BAB V_191103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_191103.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_191103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (83kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Game online saat ini menjadi salah satu permainan yang marak saat ini dimainkan oleh generasi muda. Sehingga dengan bermain game online mahasiswa akan menjadi kurang berkegiatan di dunia nyata seperti berinteraksi dengan teman sebaya dan belajar. Orang tua seharusnya memperhatikan anak agar tidak terpengaruh interaksi sosial terhadap lingkungan sekitar dan dunia nyatanya. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk menjelaskan perkembangan game online dikalangan mahasiswa PAI IAIN SAS BABEL. 2) untuk menjelaskan kepribadian mahasiswa PAI IAIN SAS BABEL dalam bermain game online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah lima orang mahasiswa IAIN SAS BABEL Prodi PAI sedangkan sebagai informan adalah lima mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.

Adapun analisis data menggunakan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perkembangan game online dikalangan mahasiswa PAI IAIN SAS BABEL meliputi a) frekuensi bermain game online b) jenis game yang dimainkan c) aspek terhadap akademik d) aspek keagamaan e) motivasi bermain f) aspek finansial) sedangkan kepribadian mahasiswa PAI IAIN SAS BABEL a) pembangkangan b) agresi c) berselisih d) menggoda e) persaingan f) kerjasama g) tingkah laku berkuasa h) mementingkan diri sendiri i) simpati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: mahasiswa; game online; kepribadian
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Syahri Ramadhani
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:21
Last Modified: 16 Oct 2025 02:21
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4118

Actions (login required)

View Item
View Item