Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan di SMPLB Negeri Sungailiat

Shafia, Badriyyah (2025) Upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan di SMPLB Negeri Sungailiat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2015061.pdf] Text
Halaman Awal_2015061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2015061.pdf] Text
BAB I_2015061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2015061.pdf] Text
BAB II_2015061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2015061.pdf] Text
BAB III_2015061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2015061.pdf] Text
BAB IV_2015061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2015061.pdf] Text
BAB V_2015061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka_2015061.pdf] Text
Daftar pustaka_2015061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan anak tunagrahita ringan dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, sehingga memerlukan strategi pembelajaran dan bimbingan khusus dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak tunagrahita ringan di SMPLB Sungailiat., (2)Menganalisis apa saja faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak tunagrahita ringan di SMPLB Sungailiat.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif dipilih karena bertujuan untuk memahami secara mendalam fenomena sosial yang berlangsung di lapangan, terutama terkait dengan usaha guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan di sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru kelas, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran dan interaksi siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) memberikan bimbingan secara individual dan kelompok untuk melatih keterampilan berkomunikasi; (2) menggunakan metode pembelajaran berbasis praktik langsung, seperti bermain peran, kerja kelompok, dan simulasi; (3) menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, aman, dan menyenangkan agar siswa berani berinteraksi; serta (4) melakukan kerja sama dengan orang tua dan pihak sekolah dalam memberikan pendampingan berkelanjutan. Upaya tersebut terbukti membantu siswa tunagrahita ringan dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi, menumbuhkan rasa percaya diri, serta membentuk sikap saling menghargai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: upaya guru; keterampilan sosial; tunagrahita ringan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Badriyyah Shafia
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:02
Last Modified: 16 Oct 2025 02:02
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item
View Item