Ardini, Putri (2025) Efektivitas konseling kelompok dengan teknik Self Management untuk mengurangi kecanduan smartphone peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_putri ardini_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2015025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB) | Request a copy
BAB II_2015025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
BAB III_2015025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (423kB) | Request a copy
BAB IV_2015025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (383kB) | Request a copy
BAB V_2015025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (270kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2015025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu tidak terkontrolnya peserta didik dalam penggunaan smartphone di kehidupan sehari-hari, banyak individu mengalami kesulitan dalam mengontrol waktu yang dihabiskan di depan layar. Kecanduan ini seringkali ditandai dengan penggunaan berlebihan, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, interaksi sosial, dan kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan smartphone peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pangkalanbaru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 peserta didik kelas VII yang memiliki kecanduan smartphone dengan kategori tinggi. Sampel pada penelitian ini dikelompokkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.033 < 0.05.
Adapun rata-rata pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki selisih perbedaan. Hasil rata-rata posttest kelompok eksperimen kecanduan smartphone peserta didik yaitu 70,7 sedangkan rata-rata posttest pada kelompok kontrol kecanduan smartphone yaitu 118,3. Hasil rata-rata N-gain untuk kelompok eksperimen (teknik self management) adalah sebesar -875,89 atau jika dipersentasikan -87,6% kelompok eksperimen dan 625,65 jika dipersentasikan 62,6% kelompok kontrol, apabila berpedoman dengan menggunakan standar tafsiran efektivitas N-Gain kelompok eksperimen termasuk dalam kategori efektif dan kelompok kontrol cukup efektif. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah dilakukan perlakuan (treatment). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management efektif untuk mengurangi kecanduan smartphone peserta didik di SMP Negeri 3 Pangkalan Baru
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konseling kelompok; self management; kecanduan smartphone |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | PUTRI ARDINI |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:28 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 03:28 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4114 |
