Setia, Alvino Putra (2025) Efektivitas konseling individu dengan pendekatan Solution-Focused Therapy untuk mengurangi narsistik pengguna tiktok pada peserta didik SMK N 1 Pangkalan Baru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2115072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2115072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB) | Request a copy
BAB II_2115072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (425kB) | Request a copy
BAB III_2115072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (396kB) | Request a copy
BAB IV_2115072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (469kB) | Request a copy
BAB V_2115072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (169kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2115072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (201kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini berakar dari masih tingginya tingkat narsistik pengguna tiktok terutama di SMKN 1 Pangkalan Baru. Observasi mengungkap bahwa
terdapat narsistik pengguna tiktok yang terlihat sejumlah peserta didik kelas XI, mereka lebih fokus pada jumlah likes, views, followers dan komentar di akun mereka dibandingkan dengan kegiatan akademik, ada yang menampilkan diri atau karya secara berlebihan untuk mendapatkan perhatian publik, ada juga yang sering memperlihatkan atau mempromosikan akun mereka kepada teman-temannya dan beberapa dari mereka menunjukan rasa kecewa atau kurang percaya diri ketika konten mereka tidak mendapatkan respons yang diinginkan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling individu dengan pendekatan solution-focused therapy (sft) untuk mengurangi narsistik pengguna tiktok pada peserta didik SMK Negeri 1 pangkalan baru. Narsistik pengguna tiktok pada peserta didik menjadi salah satu isu yang memengaruhi perkembangan akademik, sosial, dan emosional.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain pre-esksperimental (one group pre-test-post-test). Instrumen pengumpulan data menggunakan state narsistik pengguna tiktok. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa skala ini memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi (cronbach’s alpha = 0,848). Analisis data dilakukan menggunakan uji parametrik paired sample t-test melalui aplikasi spss versi 26. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test narsistik pengguna tiktok peserta didik, dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,009 (p < 0,05).
Temuan ini mengindikasikan bahwa layanan konseling individu dengan pendekatan solution-focused therapy (sft) efektif untuk mengurangi narsisitik pengguna tiktok . Dengan demikian, layanan konseling individu dengan pendekatan sft dapat memberikan implikasi penting bagi praktik bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya dalam menghadapi fenomena narsistik pada remaja yang berkaitan dengan penggunaan media sosial.
Kata kunci: Konseling, Individu, SFT, Narsisitik, Tiktok.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konseling; Individu; sft; narsisitik; tiktok |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Alvino Putra Setia |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 09:16 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 09:16 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4107 |
