Aprilia, Surya (2025) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 2 Parittiga. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_ 2111155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (827kB)
BAB I_2111155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (332kB) | Request a copy
BAB II_2111155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (402kB) | Request a copy
BAB III_2111155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (611kB) | Request a copy
BAB IV_2111155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (508kB) | Request a copy
BAB V_2111155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (157kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111155.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Prestasi Belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang berpengaruh adalah gaya mengajar guru. Gaya mengajar memiliki peran penting karena berhubungan langsung dengan interaksi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran yang akan berdampak signifikan terhadap tingkat keterlibatan siswa terhadap materi pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh gaya mengajar guru dan menentukan model regresi yang cocok untuk memprediksi prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif inferensial dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dokumentasi yang telah tervalidasi dengan nilai koefisien reliabilitasnya sebesar 0,79. Adapun teknik analisis data yaitu analisis regresi. Populasi penelitian ini sebanyak 135 siswa dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP N 2 Parittiga yang berjumlah 100 siswa yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling.
Hasil penelitian ini diketahui terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai sig yaitu <0,002<0,05, dan thitung > ttabel yaitu 3,0938 > ttabel 1,984. Hal ini menunjukkan semakin tinggi gaya mengajar guru maka semakin tinggi pula hasil prestasi belajar siswa. Adapun besar koefisien determinan gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 7,9%. Pada penelitian ini terbatas pada jumlah sampel 100 siswa dari populasi 135 siswa. Kemudian ruang lingkup penelitian terbatas pada satu sekolah, serta variabel yang dikaji hanya gaya mengajar guru dan prestasi belajar tanpa mempertimbangkan variabel lain. Selain itu, koefisien determinasi yang rendah (7,9%) menunjukkan bahwa sebagian besar hasil prestasi belajar dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | gaya mengajar guru; prestasi belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Surya Aprillia |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:45 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 06:45 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4073 |
