Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penggunaan media sosial terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri Simpang Katis

Leonika, Selsa Hanti (2025) Pengaruh penggunaan media sosial terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri Simpang Katis. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2111161.pdf] Text
Halaman Awal_2111161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (801kB)
[thumbnail of BAB I_2111161.pdf] Text
BAB I_2111161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111161.pdf] Text
BAB II_2111161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111161.pdf] Text
BAB III_2111161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111161.pdf] Text
BAB IV_2111161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111161.pdf] Text
BAB V_2111161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2111161.pdf] Text
Daftar Pustaka_2111161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Penelitian ini fokus pada penelitian tentang Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Simpang Katis. Adapun objek penelitian siswa kelas X, XI, dan XII yang masing-masing angkatan diambil sampel sebanyak 269 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memprediksi seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Simpang Katis.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Adapun populasi dari SMKN 1 Simpang Katis berjumlah 902 siswa. Diambil sample dengan 269 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala likert yang kemudian menggunakan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, . Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling bagian simple random sampling dengan teknik sampling jenuh uji linearitas melalui tabel ANOVA, uji regresi linear sederhana, uji t, dan uji determinasi dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel 2010

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel berdistribusi normal dengan nilai D(0,059) < K(0,083) untuk variabel X (media sosial) dan D(0,079) < K(0,083) untuk variabel Y (disiplin belajar). Uji reliabilitas memperoleh variabel X terdapat total item mencapai angka 0,792 yang berarti >0,60. Sedangkan variabel Y terdapat total item mencapai angaka 0,889 yang berarti >0,60. Sesuai dengan kriteria yang ada, jika hasil Cronbach’s Alpha >0,60, maka pengujian dianggap reliabel. Uji linearitas memperoleh nilai Fhitung sebesar 16.401,260 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan linear. Hasil uji hipotesis menunjukkan konstanta sebesar 13,822 dengan koefisien regresi positif 1,091 poin, adapun persamaan regresi Y=13,822+1,091x sehingga setiap peningkatan penggunaan media sosial akan meningkatkan disiplin belajar sebesar 1,091 poin. Uji t menghasilkan nilai thitung (128,067) lebih besar daripada ttabel (1,97) dengan sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Uji determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,984, yang berarti pengaruh media sosial terhadap disiplin belajar sebesar 98,4%, sedangkan 1,6% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Adapun keterbatasan peneliti seperti, penelitian hanya dilakukan pada satu sekolah yaitu SMKN 1 Simpang Katis, instrumen penelitian menggunakan angket skala Likert sehingga data terkumpul bersifat subjektif, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif murni tanpa dilengkapi data kualitatif seperti, wawancara atau observasi, dan variabel penelitian hanya terbatas pada penggunaan media sosial dan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: media sosial; disiplin belajar; pendidikan agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Selsa Hanti Leonika
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:27
Last Modified: 15 Oct 2025 06:27
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item
View Item