Ramadini, Inggrit (2025) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan non keluarga terhadap kecerdasan emosional di SMP IT Al Bina. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011248.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (891kB)
BAB I_2011248.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (428kB) | Request a copy
BAB II_2011248.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (459kB) | Request a copy
BAB III_2011248.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (582kB) | Request a copy
BAB IV_2011248.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (786kB) | Request a copy
BAB V_2011248.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (177kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011248.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (208kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan dan memahami setiap keadaan kemudian menyikapinya secara manusiawi. Permasalahan yang diangkat oleh peneliti dalam penelitian ini mengenai pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan non keluarga terhadap kecerdasan emosional di SMPIT Al Bina. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional pada siswa di SMPIT Al Bina (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan non keluarga terhadap kecerdasan emosional pada siswa di SMPIT Al Bina (3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan non keluarga terhadap kecerdasan emosional pada siswa di SMPIT Al Bina.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitian survey, yaitu penelitian dengan menggunakan kuisioner atau angket sebagai sumber data utama. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu lingkungan keluarga (X1) dan lingkungan non keluarga (X2) sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional (Y). Sampel dalam penelitian ini terdapat 72 siswa SMPIT Al Bina Pangkalpinang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji parsial (uji T) dan uji simultan (uji F).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional sebesar 11,6% dengan nilai Fhitung (9,178) >Ftabel (3,98) dengan taraf signifikansi 0,003 < 0,005. Dan adanya pengaruh lingkungn non keluarga terhadap kecerdasan emosional sebesar 18,4% dengan nilai Fhitung (15,741) >Ftabel (3,98) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,005. Terakhir, hasil penelitian menunjukkan lingkungan keluarga dan lingkungan non keluarga berpengaruh terhadap kecerdasan emosional sebesar 22,3% dengan nilai Fhitung = 9,925 dan taraf signifikansi 0,000. Yang artinya Fhitung (9,925) > Ftabel (3,98) dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Penelitian ini sependapat dengan Erni Ernilah, Woro Priatini, Yuli Sakinahtul Karomah dan Aan Widiyono, yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan non keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | lingkungan keluarga; lingkungan non keluarga; kecerdasan emosional |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Inggrit Ramadini |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 01:49 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 01:49 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4031 |
