Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh regulasi emosi terhadap prokrastinasi akademik pasa siswa SMA 1 Pangkalan Baru

Sahara, Putri (2025) Pengaruh regulasi emosi terhadap prokrastinasi akademik pasa siswa SMA 1 Pangkalan Baru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_Putri Sahara_organized.pdf] Text
Halaman Awal_Putri Sahara_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (851kB)
[thumbnail of BAB I_2124031.pdf] Text
BAB I_2124031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2124031.pdf] Text
BAB II_2124031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2124031.pdf] Text
BAB III_2124031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2124031.pdf] Text
BAB IV_2124031.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2124031.pdf] Text
BAB V_2124031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2124031.pdf] Text
Daftar Pustaka_2124031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Dengan berkembang-nya zaman kebiasaan baru para siswa sering menganggap tidak penting suatu pekerjaan. Namun, hal ini membawa efek negattif hingga ke aspek akademik yang siswa, contohnya Prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi emosi terhadap Prokrastinasi akademik siswa SMA 1 Pangkalan Baru Bangka Tengah. Prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya regulasi emosi. Studi pendahuluan yang dilakukan di lokasi sekolah SMA 1 Pangkalan Baru menunjukkan bahwa siswa dapat meregulasi emosi namun siswa tetap melakukan Prokrastinasi akademik.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatori dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil analisis bahwa regulasi emosi memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap Prokrastinasi akademik. Artinya, semakin tinggi kemampuan siswa dalam mengelola dan mengatur emosinya, maka semakin rendah kecenderungan mereka untuk melakukan penundaan akademik. Hasil ini sejalan dengan teori yang menyatakan bahwa keterampilan regulasi emosi mampu membantu individu dalam mengatasi emosi negatif, sehingga mereka tetap dapat fokus dan konsisten dalam menyelesaikan tugas- tugas akademik tanpa menunda. Dengan demikian, penelitian ini memperkuat temuan sebelumnya bahwa regulasi emosi merupakan salah satu faktor penting dalam menurunkan tingkat Prokrastinasi akademik pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: regulasi emosi; prokrastinasi akademik; siswa sma 1 pangkalan baru bangka tengah
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Psikologi Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Putri Sahara
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:54
Last Modified: 14 Oct 2025 07:54
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item
View Item