Rofiqoh, Siti (2025) Strategi pengembangan literasi Al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _ 238101018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Bab 1 _ 238101018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (592kB) | Request a copy
Bab 2 _ 238101018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (738kB) | Request a copy
Bab 3 _ 238101018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (495kB) | Request a copy
Bab 4 _ 238101018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (990kB) | Request a copy
Bab 5 _ 238101018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (134kB) | Request a copy
Daftar Pustaka _ 238101018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (406kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
SMA Negeri 4 Pangkalpinang berkomitmen dalam pemberantasan buta aksara melalui strategi integrasi literasi Al-Qur'an untuk menciptakan lingkungan belajar. Tujuan Penelitian ini untuk Mendeskripsikan Program Pengembangan Literasi Al-Qur’an, menganalisis Prosedur Pengembangan Literasi Al-Qur’an dan menganalisis Evaluasi dan Kontrol Pengembangan Literasi Al-Qur’an pada Siswa di SMA Negeri 4 Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SMA Negeri 4 Pangkalpinang Kepulauan Bangka. analisis data deskriptif kualitatif. pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Program Pengembangan Literasi Al-Qur’an pada Siswa di SMA Negeri 4 Pangkalpinang melibatkan semua elemen di sekolah sehingga menjadikan kegiatan literasi Al-Qur’an sebagai salah satu program yang wajib di laksankan oleh sekolah itu sendiri. 2) Prosedur Pengembangan Literasi Al-Qur’an pada Siswa di SMA Negeri 4 Pangkalpinang dengan melakukan pembagian kelompok. Ada kelompok iqro dan kelompok Qur’an. Prosedur dalam pengembangan literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 4 Pangkalpinang meliputi beberapa tahapan:a) Asesmen Awal, b) Pembelajaran Terstruktur,
c) Program Bimbingan dan Mentoring, d) Evaluasi Berkala dan e) Pembudayaan Literasi Al- Qur’an. 3) Evaluasi Pengembangan Literasi Al-Qur’an pada Siswa di SMA Negeri 4 Pangkalpinang mengunakan evaluasi tes setiap bulan, baik secara tertulis, menguji secara lisan dan perilaku peserta didik selama mengikuti kegiatan literasi Al-Qur’an disamping itu dengan tes juga bisa menentukan siswa di kelompok iqro dan kelompok Al-Qur’an.
ENGLISH:
SMA Negeri 4 Pangkalpinang is committed to eradicating illiteracy through a strategy of integrating Al-Qur'an literacy to create a learning environment. The aim of this research is to describe the Al-Qur'an Literacy Development Program, analyze Al-Qur'an Literacy Development Procedures and analyze Evaluation and Control of Al-Qur'an Literacy Development for Students at SMA Negeri 4 Pangkalpinang.
This research is a type of field research using a qualitative approach. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. The research location is SMA Negeri 4 Pangkalpinang, Bangka Islands. qualitative descriptive data analysis. testing the validity of the data using triangulation.
The results of this research are: 1) The Al-Qur'an Literacy Development Program for Students at SMA Negeri 4 Pangkalpinang involves all elements in the school, making Al- Qur'an literacy activities a program that must be implemented by the school itself. 2) Procedures for developing Al-Qur'an literacy in students at SMA Negeri 4 Pangkalpinang by dividing groups. There are iqro groups and Qur'an groups. The procedure for developing Al- Qur'an literacy at SMA Negeri 4 Pangkalpinang includes several stages: a) Initial Assessment, b) Structured Learning, c) Guidance and Mentoring Program, d) Periodic Evaluation and e) Cultivation of Al-Qur'an Literacy. 3) Evaluation of the development of Al- Qur'an literacy in students at SMA Negeri 4 Pangkalpinang using evaluation tests every month, both in writing, testing orally and the behavior of students while participating in Al-Qur'an literacy activities. Apart from that, tests can also determine students in the iqro group and the Al-Qur'an group.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | strategi pengembangan; literasi Al-Qur’an |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Siti Rofiqoh |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:10 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 02:10 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4005 |
