Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Analisis penggunaan media visual dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama dan budi pekerti terhadap siswa difabel di SLB Negeri Toboali

Safitri, Heni (2025) Analisis penggunaan media visual dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama dan budi pekerti terhadap siswa difabel di SLB Negeri Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2111074.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2111074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (992kB)
[thumbnail of BAB 1_2111074.pdf] Text
BAB 1_2111074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111074.pdf] Text
BAB II_2111074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111074.pdf] Text
BAB III_2111074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111074.pdf] Text
BAB IV_2111074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111074.pdf] Text
BAB V_2111074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2111074.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2111074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Proses pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SLB Negeri Toboali sering menghadapi tantangan yang perlu diperhatikan, terutama dalam hal pemahaman materi oleh siswa difabel yang sering kesulitan memahami konsep agama secara umum. Pendekatan pembelajaran yang ada belum cukup inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa difabel, yang seringkali diam dan kurang fokus. Keterbatasan kemampuan siswa difabel dalam menangkap informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses penggunaan media visual, khususnya puzzle maker dan busy book, dalam pembelajaran PABP bagi siswa difabel di SLB Negeri Toboali. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan motivasi siswa difabel saat menggunakan media visual tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait, termasuk guru PABP, wali kelas, dan kepala sekolah dan observasi di SLB Negeri Toboali. Teknik analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan puzzlemaker dan busy book dalam PABP terbukti berhasil, cara ini mampu membuat materi yang tadinya sulit dibayangkan menjadi lebih mudah dipahami. Dampaknya, siswa difabel jadi jauh lebih semangat belajar. Mereka terlihat lebih antusias, fokus, dan mau berinisiatif sehingga motivasi belajar meningkat. Media ini juga berhasil membuat siswa lebih percaya diri. Kunci dari keberhasilan metode ini adalah adanya dukungan penuh dari sekolah dan kreativitas guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: media visual; motivasi belajar; siswa difabel; pendidikan agama dan budi pekerti; puzzle maker; busy Book
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Heni Safitri
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:55
Last Modified: 13 Oct 2025 04:55
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3974

Actions (login required)

View Item
View Item