Hartati, Sumita (2025) Pengaruh metode brainstorming terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas x di MA Nurul Ihsan Pangkal Niur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111198.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (714kB)
BAB I_2111198.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (378kB) | Request a copy
BAB II_2111198.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (504kB) | Request a copy
BAB III_2111198.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (613kB) | Request a copy
BAB IV_2111198.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB) | Request a copy
BAB V_2111198.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (340kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111198.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (458kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode brainstorming terhadap keaktifan peserta didik dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Nurul Ihsan Pangkal Niur. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar akidah akhlak karena siswa kurang terlibat dalam pemecahan masalah dan kurang berani dalam mengemukakan pendapat serta guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran dan cenderung menyampaikan materi akidah akhlak hanya dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik di MA Nurul Ihsan Pangkal Niur.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment, Desain Nonquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Nurul Ihsan Pangkal Niur yang berjumlah 34 orang. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 34 orang, yaitu siswa kelas X IPA dengan penarikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis di lakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukan metode pembelajaran brainstorming berpengaruh terhadap keaktifan belajar akidah akhlak peserta didik. Dari hasil uji hipotesis uji (independent sample t-test) pada taraf 5% diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu thitung = 2.905 > ttabel 2.144. serta nilai sig. 2-tailed = 0,006 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode brainstorming terhadap keaktifan peserta didik kelas X di MA Nurul Ihsan Pangkal Niur.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode brainstorming; keaktifan belajar; akidah akhlak |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Sumita Hartati |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 01:46 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 01:46 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3955 |
