Rosita, Rosita (2025) Implementasi metode show and tell untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun di PAUD Tiara Asoka Desa Terak. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2112057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (752kB)
BAB I_2112057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (315kB) | Request a copy
BAB II_2112057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (355kB) | Request a copy
BAB III_2112057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
BAB IV_2112057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (767kB) | Request a copy
BAB V_2112057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2112057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun di PAUD Tiara Asoka Desa Terak masih kurang, terlihat dari kurangnya antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, tidak mau mengutarakan pendapat, dan kecenderungan malu saat diminta tampil di depan kelas. Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode show and tell untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak di PAUD TiaraAsoka Desa Terak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan 12 anak kelas A di PAUD Tiara Asoka Desa Terak. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode show and tell dilakukan melalui guru melakukan perencanaan matang, termasuk penyusunan RPPH yang terintegrasi dengan tema, penyediaan media (gambar dan benda nyata), koordinasi dengan orang tua via WA agar anak membawa benda dari rumah, serta persiapan catatan penilaian. Pelaksanaan show and tell dilakukan secara rutin dengan langkah-langkah terstruktur, guru mengatur anak membentuk lingkaran, menjelaskan aturan dan tujuan kegiatan, memberikan contoh, dan memberikan kesempatan tampil secara bergiliran kepada anak, serta evaluasi berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode show and tell terbukti sangat efektif meningkatkan kepercayaan dirianak usia 4-5 tahun di PAUD Tiara Asoka Desa Terak. Antara pertemuan pertama sampai keempat terlihat perkembangan positif yang signifikan pada semua indikator kepercayaan diri. anak menjadi berani tampil, memilih dan menyiapkan benda secara mandiri, mengajukan pertanyaan yang tepat dan spontan, menyampaikan pendapat secara lisan dengan jelas, serta menunjukkan kegigihan dalam menghadapi tantangan. Menurut skala penilaian, mayoritas anak mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan atau Berkembang Sangat Baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | show and tell; kepercayaan diri; anak usia dini; PAUD |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Rosita Rosita |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:34 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 02:34 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3947 |
