Hervina, Yesi (2025) Pengaruh harga, religiusitas dan pendapatan terhadap keputusan pembelian produk UMKM: Studi pada masyarakat kelurahan Bukit Merapin Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL - 238102014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I - 238102014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (161kB) | Request a copy
BAB II - 238102014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (216kB) | Request a copy
BAB III - 238102014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV - 238102014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (758kB) | Request a copy
BAB V - 238102014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA - 238102014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (236kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pengembangan UMKM akan menjadi salah satu strategi yang efektif guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mMasyarakat. Propinsi Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang sangat concern dalam mengembangkan UMKM. Data menunjukkan jumlah pelaku UMKM pada tahun 2022 sebanyak 25.109 unit bisnis. Seiring pertumbuhan UMKM dengan berbagai produk usaha yang dijalankan, ditemukan bahwa pelaku UMKM Kota Pangkalpinang dalam peningkatan penjualan produknya, penyebabnya adalah faktor harga yang kompetitif, pendapatan masyarakat, kualitas produk, promosi dan religiusitas masyarakat. Keputusan pembelian adalah kegiatan atau perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek. Namun disisi lain, jika harga terlalu rendah, menyebabkan margin keuntungan yang tidak balance dengan operasional costnya.
Tujuan penelitian ini menganalisis keputusan pembelian masyarakat kelurahan Bukit Merapin yang diukur dengan variabel Harga, Religiusitas dan Pendapatan Baik secara parsial maupun simultan. dengan sampel 99 responden. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner cetak yang disebar kepada 99 responden sebagai sumber data primer. Data primer berupa distribusi identitas responden dilakukan analisis menggunakan program SPSS versi 25. Teori yang digunakan mengadopsi teori Thomson (dalam Aziz, 2015) keputusan pembelian adalah kegiatan atau perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek. Keputusan pembelian merupakan proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu di antaranya. Selanjutnya jenis penelitiannya Asosiatif dengan jumlah sampel 99 orang.
Hasil penelitian menunjukkan jika variabel Harga secara parsial Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM dengan nilai 0,009<0,05 dan thitung>ttabel
atau 2.6782>t tabel 1,984 artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Variabel Religiusitas secara parsial Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM dengan nilai 0,015 < 0,05 dan thitung>ttabel 1.291<1.290 artinya H2 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan variabel Pendapatan secara parsial Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM dengan nilai 0,000 < 0,05 dan thitung>ttabel atau 4.5071>1.984 artinya H3
diterima dan H0 ditolak. Secara simultan variabel harga, religiusitas, dan pendapatan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM nilai Fhitung sebesar 128.013. sedangkan Ftabel 2.699 jadi nilai Fhitung>Ftabel artinya H4 diterima, H0 ditolak.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | keputusan pembelian; harga; religiusitas dan pendapatan |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi |
| Divisions: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Selpi Egitya |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 07:27 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 07:27 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3940 |
