Karmilasari, Sukma Ayu (2025) Penerapan metode pembelajaran everyone is teacher here dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak kelas VIII B di MTs Sabilul Muhtadin Jada Bahrin. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
1. HALAMAN AWAL_2011230.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
2. BAB I_2011230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB) | Request a copy
3. BAB II_2011230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (335kB) | Request a copy
4. BAB III_2011230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (400kB) | Request a copy
5. BAB IV_2011230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (315kB) | Request a copy
6. BAB V_2011230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (60kB) | Request a copy
7. DAFTAR PUSTAKA_2011230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa dalam proses
pembelajaran akidah akhlak tentang adab bermedia sosial siswa kurang aktif ketika proses pembelajaran dan berpusat kepada guru sehingga siswa kurang percaya diri dan tidak menunjukkan keaktifan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran everyone is teacher here terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VIII B di MTs Sabilul
Muhtadin Jada Bahrin.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain true experimental desain yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Sabilul Muhtadin Jada Bahrin yang berjumlah 40 orang. Dengan penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional memperoleh rata-rata pre-test sebesar 70,00 dan post-test 77,92. Sementara itu, kelas eksperimen yang diajar dengan metode everyone is teacher here memperoleh rata-rata pre-test 74,26 dan post-test 84,15. Selanjutnya dengan melihat hasil perhitungan uji T yang mana hasilnya menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu baik pada taraf signifikan 5% (0,361) maupun 1% (0,301) atau (0,361<1,09>0,301). Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar yang lebih signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode everyone is teacher here; hasil belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Sukma Ayu Karmilasari |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 05:50 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 05:50 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3931 |
