Widyanti, Nurcholisah (2025) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudanyaan Islam dikelas VIII MTsN 2 Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahaman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (940kB)
BAB I_2111163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (395kB) | Request a copy
BAB II_2111163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (426kB) | Request a copy
BAB III_2111163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (497kB) | Request a copy
BAB IV_2111163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (439kB) | Request a copy
BAB V_2111163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (189kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (246kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah kebudanyaan islam di kelas VIII MTsN 2 Bangka barat. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran, yang ditandai oleh minimnya partisipasi dalam kegiatan bertanya, berdiskusi, maupun mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Model PBL dipilih karena menekankan pembelajaran yang bermakna dan kontekstual, yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui angket dan test essay atau uraian post-test kemampuan berpikir kritis dan dianalisis dengan uji normalitas, linearitas, serta uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 22%. Nilai ini diperoleh dari hasil koefisien determinasi (R²) = 0,220, yang berarti 0,022% kemampuan berpikir kritis siswa dapat dijelaskan oleh penerapan model PBL, nilai koefisien regresi sebesar 0,531 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan dalam pengaruh model pembelajaran PBL akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,531poin.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | problem based learning; kemampuan berpikir kritis; sejarah kebudanyaan islam |
| Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Nurcholisah Widyanti |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:10 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 06:10 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3929 |
