Ningsih, Fitria (2025) Pengaruh penggunaan metode case study terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran PAI Di SDN 4 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (362kB) | Request a copy
BAB II_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (354kB) | Request a copy
BAB III_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (506kB) | Request a copy
BAB IV_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (348kB) | Request a copy
BAB V_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (187kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar kognitif merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran karena akan merangsang siswa untuk belajar. Namun selama ini, hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDN 4 Lubuk Besar masih kurang atau tergolong rendah. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan data nilai hasil ulangan harian kelas IV pada mata pelajaran PAI, masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai KKM dan masih terdapat siswa yang kurang dalam memahami materi sehingga perlu adanya optimalisasi dalam hasil belajar kognitif siswa. Metode pembelajaran case study pada mata pelajaran PAI menjadi metode yang dipilih untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan merangsang siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan inovatif. Dengan demikian, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode case study terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran PAI di SDN 4 Lubuk Besar dan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh penggunaan metode case study terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran PAI di SDN 4 Lubuk Besar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true eksperiment dengan bentuk desain pre test-post test control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan metode case study dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes.
Hasil penelitian ditemukan bahwa nilai uìji dipeìroleìh nilai t-hituìng = 5,934 leìbih beìsar dari t-tabeìl = 2,100. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis ujit test menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak atau dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara penggunaan metode case study dengan penerapan metode konvensional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan terdapat pengaruh yang signifikan menerapkan metode Case Study terhadap hasil belajar kognitif pada siswa di SDN 4 Lubuk Besar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode case study; hasil belajar kognitif; pendidikan agama islam |
| Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Fitria Ningsih |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:04 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 06:04 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3927 |
