Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penggunaan metode case study terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran PAI Di SDN 4 Lubuk Besar

Ningsih, Fitria (2025) Pengaruh penggunaan metode case study terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran PAI Di SDN 4 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2111145.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2111145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2111145.pdf] Text
BAB I_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111145.pdf] Text
BAB II_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111145.pdf] Text
BAB III_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111145.pdf] Text
BAB IV_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111145.pdf] Text
BAB V_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2111145.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2111145.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Hasil belajar kognitif merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran karena akan merangsang siswa untuk belajar. Namun selama ini, hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV di SDN 4 Lubuk Besar masih kurang atau tergolong rendah. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan data nilai hasil ulangan harian kelas IV pada mata pelajaran PAI, masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai KKM dan masih terdapat siswa yang kurang dalam memahami materi sehingga perlu adanya optimalisasi dalam hasil belajar kognitif siswa. Metode pembelajaran case study pada mata pelajaran PAI menjadi metode yang dipilih untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan merangsang siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan inovatif. Dengan demikian, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode case study terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran PAI di SDN 4 Lubuk Besar dan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh penggunaan metode case study terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran PAI di SDN 4 Lubuk Besar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true eksperiment dengan bentuk desain pre test-post test control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan metode case study dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes.

Hasil penelitian ditemukan bahwa nilai uìji dipeìroleìh nilai t-hituìng = 5,934 leìbih beìsar dari t-tabeìl = 2,100. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil analisis ujit test menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak atau dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara penggunaan metode case study dengan penerapan metode konvensional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan terdapat pengaruh yang signifikan menerapkan metode Case Study terhadap hasil belajar kognitif pada siswa di SDN 4 Lubuk Besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: metode case study; hasil belajar kognitif; pendidikan agama islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Fitria Ningsih
Date Deposited: 09 Oct 2025 06:04
Last Modified: 09 Oct 2025 06:04
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3927

Actions (login required)

View Item
View Item