Rahayu, Ika Agusti (2023) Upaya manajemen diri mahasiswa yang bekerja sambil kuliah: Studi pada mahasiswa aktif di Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL (1924014) (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I (1924014).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (171kB) | Request a copy
BAB II (1924014)-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (200kB) | Request a copy
BAB III (1924014).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (29kB) | Request a copy
BAB IV (1924014).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (301kB) | Request a copy
BAB V (1924014).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA (1924014).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB) | Request a copy
Abstract
INGGRIS
This study examines two issues, namely how student self-management works towards lecture activities and what is the mechanism of effort for students who study while working in managing activities.
This research is qualitative in nature. Data and information obtained through a descriptive approach. The subjects of this study were active students in Bangka Regency. Data collection is carried out continuously through observation, structured interviews and documentation. Data were analyzed using data reduction, data display and data verification. Furthermore, the presentation of data uses narrative techniques, namely using data as an explanatory theory.
The results obtained from this study are: 1) First, student self-management efforts work on lecture activities by forming self-management, namely the formation of this self-management, such as self-motivation which concerns feelings and fosters interest and desire hard, then easy to concentrate, not easily influenced by other people, desire to progress, and can do activities for a long time. Furthermore, self-organization is an attempt to organize and manage all matters relating to thoughts, time, places, objects and other resources that support the formation of self-management. If everything is arranged as well as possible, individual life will be achieved. become more efficient. Meanwhile, self- control and self-development are related to behavior, as well as forms of self- management which basically shape individuals towards a better direction according to which behavior will be changed, increased or reduced so that they are able to help individuals to achieve their goals. 2) Second, there are various mechanisms by which students study while working in managing their activities. In this case, the way they manage their daily activities, namely by arranging lecture and work schedules, maintaining a healthy body, managing free time, and managing finances and so on.
INDONESIA
Penelitian ini mengkaji dua persoalan, yaitu bagaimana manajemen diri mahasiswa bekerja terhadap aktifitas perkuliahan dan bagaimana mekanisme upaya mahasiswa yang bekerja sambil kuliah dalam mengatur aktivitas.
Penelitian ini bersifat kualitatif. Data serta informasi didapatkan melalui pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini, yaitu mahasiswa aktif yang ada di Kabupaten Bangka. Pengumpulan data dilakukan secara terus-menerus melalui observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Selanjutnya, penyajian data menggunakan teknik narasi yaitu menggunakan data sebagai penjelas teori.
Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah: 1) Pertama, upaya manajemen diri mahasiswa bekerja terhadap aktifitas perkuliahan dengan cara pembentukan manajemen diri, yaitu pembentukan dari manajemen diri ini, seperti motivasi diri (self-motivation) yang menyangkut perasaan serta menumbuhkan minat dan keinginan keras, kemudian mudah dalam berkonsentrasi, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, hasrat ingin maju, dan dapat melakukan kegiatan dalam waktu yang lama. Selanjutnya penyusunan diri (self-organization) merupakan suatu usaha dalam mengatur dan mengurus segala hal yang menyangkut pikiran, waktu, tempat, benda, dan sumber daya lainnya yang menunjang pembentukan self management, apabila segala sesuatunya telah diatur sebaik mungkin, maka akan tercapai kehidupan individu menjadi lebih efisien. Sementara itu pengendalian diri (self-control) dan pengembangan diri (self-development) berhubungan dengan perilaku, juga menjadi bentuk-bentuk dalam manajemen diri yang pada dasarnya membentuk individu kearah lebih baik sesuai dengan perilaku mana yang akan diubah, ditingkatkan atau dikurangi sehingga mampu membantu individu untuk mencapai tujuannya. 2) Kedua, berbagai macam mekanisme upaya mahasiswa yang bekerja sambil kuliah dalam mengatur aktivitasnya. Dalam hal ini cara mereka mengatur aktivita sehari-hari mereka, yaitu dengan mengatur jadwal kuliah dan kerja, menjaga kesehatan tubuh, mengatur waktu luang, serta mengelola keuangan dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | self management, students who work while studying |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Psikologi Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | IKA AGUSTI RAHAYU |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:05 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:05 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/392 |