Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas konseling cognitive behavior therapy (CBT) untuk mengurangi toxic productivity pada mahasiswa semester IX di IAIN SAS BABEL

Afrilia, Via Dewi (2025) Efektivitas konseling cognitive behavior therapy (CBT) untuk mengurangi toxic productivity pada mahasiswa semester IX di IAIN SAS BABEL. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2115023.pdf] Text
Halaman Awal_2115023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2115023.pdf] Text
BAB I_2115023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2115023.pdf] Text
BAB II_2115023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2115023.pdf] Text
BAB III_2115023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (951kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2115023.pdf] Text
BAB IV_2115023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (973kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2115023.pdf] Text
BAB V_2115023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2115023.pdf] Text
Daftar Pustaka_2115023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena toxic productivity semakin meningkat pada mahasiswa tingkat akhir terutama semester IX (sembilan), ditandai dengan rasa bersalah saat beristirahat, mudah cemas, hingga kelelahan fisik maupun mental. Kondisi ini muncul karena adanya tuntutan akademik seperti penyusunan skripsi, tekanan sosial, serta budaya kerja berlebihan yang berkembang di kalangan generasi muda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling Cognitive Behavior Therapy dalam mengurangi gejala toxic productivity.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Populasi penelitian adalah mahasiswa tingkat akhir di IAIN SAS Bangka Belitung, sedangkan sampelnya adalah subjek tunggal yaitu satu mahasiswi yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, angket toxic productivity, dan dokumentasi. Instrumen penelitian angket berbasis skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan bantuan program Rasch Model menggunakan Winstep. Analisis data dilakukan secara deskriptif melalui analisis visual dalam kondisi (A1, B, A2) maupun antar kondisi untuk melihat perubahan perilaku target setelah diberikan intervensi konseling Cognitive Behavior Therapy.

Hasil penelitian menunjukkan skor toxic productivity pada fase baseline awal (A1) konsisten di angka 80–80–80. Setelah diberikan intervensi (B), skor mengalami penurunan bertahap yaitu 75-65-65-60-57,5-52,5 menunjukkan perubahan positif signifikan. Pada fase baseline ulang (A2), skor berada pada 62,5-65-70, lebih rendah dibandingkan A1 meskipun sedikit meningkat setelah intervensi dihentikan. Temuan ini membuktikan bahwa konseling Cognitive Behavior Therapy efektif dalam mengurangi toxic productivity pada mahasiswa semester IX (sembilan), membantu subjek mengelola tuntutan akademik secara lebih adaptif, serta menjaga keseimbangan antara produktivitas dengan kesehatan mental dan fisik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: toxic productivity; cognitive behavior therapy; single subjek research A-B-A
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Via Dewi Afrilia
Date Deposited: 15 Oct 2025 01:43
Last Modified: 15 Oct 2025 01:43
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3913

Actions (login required)

View Item
View Item