Sandari, Ayunda (2025) Pengaruh metode make a match terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI pada materi tajwid di MIN 1 Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (948kB)
BAB I_1811024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (448kB) | Request a copy
BAB II_1811024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (750kB) | Request a copy
BAB III_1811024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (614kB) | Request a copy
BAB IV_1811024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (576kB) | Request a copy
BAB V_1811024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Make A Match terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI pada materi tajwid (idzhar) di MIN 1 Bangka Selatan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya hasil belajar peserta didik akibat penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang melibatkan keaktifan peserta didik. Metode Make A Match dipilih karena dianggap mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan interaktif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian uji pengaruh jenis One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI A MIN 1 Bangka Selatan yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial (uji t berpasangan/paired sample t-test serta uji normalitas).
Berdasarkan hasil analisis data penggunaan metode Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode Make A Match. Rata-rata nilai pretest adalah 58,18 meningkat menjadi 85,90 pada posttest. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 8,614 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Make A Match berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tajwid.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode make a match; tajwid; hasil belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ayunda Sandari |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:36 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 07:37 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3904 |
