Julianto, Doni Muhamad (2025) Analisis semiotika pesan dakwah dalam akun Tiktok @reog.kita. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awall_2122041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_2122041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (582kB) | Request a copy
BAB II_2122041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (650kB) | Request a copy
BAB III_2122041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (490kB) | Request a copy
BAB IV_2122041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2122041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (515kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_21222041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (378kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Animasi merupakan pengolahan gambar ilustrasi yang diam menjadi menjadi gambar bergerak yang lebih menarik dan menyentuk emosional penonton. Adanya media sosial seperti Tiktok mempengaruhi tayangan animasi menjadi lebih bervariatif serta dapat dinikmati untuk semua kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tayangan animasi singkat yang muncul di Tiktok dapat berisikan bermacam-macam pesan yang ingin disampaikan oleh kreator.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang dilakukan pada tiap adegan konten video animasi singkat yang telah diunggah pada akun Tiktok @reog.kita untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam konten yang telah diunggah melalui sign, object, dan interpretant.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa dalam unggahan video animasi Tiktok @reog.kita, ditemukan tanda, simbol serta ikon yang menunjukkan pesan dakwah yang ingin disampaikan oleh kreator dalam bentuk visual berupa ilustrasi yang terkandung dalam tiap adegan yang ada dalam video animasi singkat yang telah diunggah. Menggunakan perkembangan teknologi berupa media sosial, pesan dakwah dapat disampaikan dengan unik sehingga dapat menjangkau penonton yang lebih luas dan bervariatif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Semiotika Peirce, Pesan Dakwah, Animasi, Tiktok |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.7 Dakwah dan Perkembangan Islam 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Doni Julianto |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 15:20 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 15:20 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3901 |
