Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Information Communication And Technology (Ict) Studi Deskriptif pada SMA Negeri 3 Pangkalpinang

Yohansyah, Alam (2020) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Information Communication And Technology (Ict) Studi Deskriptif pada SMA Negeri 3 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

INDONESIA:

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis information communication and technology (ICT) studi deskriptif pada SMA Negeri 3 Pangkalpinang. Ada dua permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini pertama, bagaimana guru PAI di SMAN 3 Pangkalpinang menerapkan pembelajaran PAI berbasis ICT dan bentuk media berbasis ICT yang diterapkan. Kedua, apa saja faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 3 Pangkalpinang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber data, yaitu sumber data primer adalah Sumber primer yaitu data yang diperoleh dari guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui Sumber sekunder dalam penelitin ini adalah data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Kemudian pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berikutnya dalam menganalisa data penulis melakukan proses reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis information communication and technology (ICT) studi deskriptif pada SMA Negeri 3 Pangkalpinang yaitu guru pendidikan agama Islam menggunakan beberapa upaya untuk mengimplementasikan pembelajaran PAI, yaitu dengan cara perencaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebelum pembelajaran guru membuat silabus dan RPP kemudian pelaksanaan memilih media ICT yang sesuai dengan materi, strategi yang digunakan serta pemilihan metode yang dapat dipadukan dengan media ICT. Sedangkan untuk evaluasi guru memberikan soal latihan, PR (pekerjaan rumah) dan ulangan tengah semester. Hal ini perlu diterapkan agar pembelajaran di dalam kelas lebih terarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: implementasi; pembelajaran pai; media berbasis ict
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Randa Wicaksono
Date Deposited: 10 May 2023 04:23
Last Modified: 25 Apr 2024 02:42
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item
View Item