Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Fenomena adiksi game online (Higgs Domino Island) pada remaja di Desa Mendo Kecamatan Mendo Barat

Thoriq, Ahmad Rikal At (2025) Fenomena adiksi game online (Higgs Domino Island) pada remaja di Desa Mendo Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2124014_pdf-1-15.pdf] Text
Halaman Awal_2124014_pdf-1-15.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (866kB)
[thumbnail of BAB l_2124014.pdf] Text
BAB l_2124014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2124014.pdf] Text
BAB II_2124014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2124014.pdf] Text
BAB III_2124014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2124014.pdf] Text
BAB IV_2124014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2124014.pdf] Text
BAB V_2124014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2124014.pdf] Text
Daftar Pustaka_2124014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena dan dampak adiksi game online Higgs Domino Island terhadap perilaku remaja di Desa Mendo, Kecamatan Mendo Barat. Fenomena ini muncul akibat pesatnya perkembangan teknologi internet, di mana game online tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga memicu perilaku adiktif. Game Higgs Domino Island menjadi sangat populer karena dapat diakses secara virtual dan menawarkan keuntungan berupa koin/chips yang bisa ditukar dengan uang, meskipun hal ini dianggap sebagai perjudian dalam Islam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang berfokus pada pemahaman “mengapa” suatu fenomena terjadi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan beberapa remaja di Desa Mendo. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi tingkat kecanduan di antara para subjek. Beberapa remaja menunjukkan ciri-ciri ketergantungan psikologis yang kuat, seperti kecemasan saat mencoba berhenti dan relaps (kekambuhan), yang menyebabkan mereka kembali ke pola bermain yang lebih intens. Perilaku ini memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk kesehatan, akademik, sosial, dan keuangan. Sebaliknya, beberapa subjek lain mampu mengendalikan waktu bermain mereka dan hanya menganggap game sebagai hiburan, sehingga mereka tidak mengalami dampak negatif atau kesulitan untuk berhenti.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kontrol diri individu merupakan faktor krusial yang menentukan apakah seseorang akan menjadi adiktif terhadap game online atau tidak. Mereka yang memiliki kontrol diri rendah lebih rentan terhadap kecanduan, sementara mereka yang memiliki kontrol diri kuat dapat menjadikan game sebagai sarana hiburan yang tidak mengganggu. Temuan ini memperkuat bahwa dampak game online sangat dipengaruhi oleh kerentanan psikologis dan kemampuan individu dalam mengelola perilakunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: adiksi game online; higgs domino island; remaja; kontrol diri; dampak psikologis
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Psikologi Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Rikal
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:57
Last Modified: 08 Oct 2025 06:57
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item
View Item