Fadila, Qonita (2025) Efektifitas konseling kelompok dengan teknik Self Management dalam meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Koba. Undergraduate thesis, Institut Agama Syaikh Abdurraman Siddik.
Halaman Awal_2115070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (862kB)
BAB I_2115070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB) | Request a copy
BAB II_2115070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (441kB) | Request a copy
BAB III_2115070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (516kB) | Request a copy
BAB IV_2115070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (394kB) | Request a copy
BAB V_2115070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (176kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2115070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (166kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini berawal dari masalah yang sering dialami peserta didik, seperti rendahnya tanggung jawab belajar, tidak peduli pada nilai, kurangnya motivasi belajar, dan kebiasaan menunda tugas. Masalah ini terus berulang setiap tahun tanpa solusi yang tepat, sementara guru BK juga belum memberi layanan khusus untuk menanganinya. Karena itu, dibutuhkan pendekatan yang lebih efektif, salah satunya melalui konseling kelompok dengan teknik self-management yang dipercaya bisa membantu meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 16 peserta didik, yang dibagi menjadi dua kelompok: 8 orang sebagai kelompok eksperimen dan 8 orang sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Dengan desain ini, peneliti dapat membandingkan hasil antara kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan konseling kelompok dengan teknik self-management dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management cukup efektif meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T-Test menggunakan SPSS 26 yang menghasilkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selain itu, nilai gain score kelompok eksperimen sebesar 22,16 dan 71,64 > 0,70 menandakan adanya peningkatan yang tinggi dalam tanggung jawab belajar. Jadi, konseling kelompok dengan teknik self-management dapat menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa di SMA Negeri 1 Koba.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konseling kelompok; teknik self-managemen;, tanggung jawab belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Qonita Fadila |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:00 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 04:00 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3876 |
