Agasta, Regina (2025) Peran Guru dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Plus Setia Budi Sungailia. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2112052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (840kB)
BAB I_2112052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
BAB II_2112052.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (148kB) | Request a copy
BAB III_2112052.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
BAB IV_2112052.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (911kB) | Request a copy
BAB V_2112052.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (91kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2112052.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (49kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Anak Usia 5-6 tahun di TK Plus Setia Budi Sungailiat. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi salah satu keterampilan yang penting dikenalkan sejak usia dini. Guru memiliki peran sentral dalam proses pebelajaran, khususnya dalam mengenalkan kosakata dan kalimat sederhana bahasa Inggris melalui metode yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahawa guru berperan sebagai pengajar, pembimbing, pengelolah kelas, fasilitator sekaligus model dalam pembelajaran bahasa Inggris dasar. Guru berperan sebagai pendidik adalah guru yang mendidik peserta didik agar menjadi pribadi yang baik, mandiri serta bertanggung jawab. Strategi yang digunakan meliput permainan edukatif, nyanyian, media visual, serta kegiatan pembiasaan. Hasil dari peran guru dalam pengenalan bahasa Inggris dasar yaitu terdapat 6 indikator yang pertama anak mampu mengikuti instrusksi dari guru, yang kedua anak mampu menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris, yang ketiga anak mampu mengenal perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris, keempat anak mampu menyebutkan simbol-simbol huruf dalam bahasa Inggris, kelima anak mampu mengenal huruf awal dari nama benda yang ada disekitar dalam bahasa Inggris, dan yang terakhir anak mampu memahami hubungan antara bunyi dan bentuk dalam bahasa Inggris. Dari keenam indikator tersebut anak berkembang secara bertahap dalam lima pertemuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | peran guru;pengenalan bahasa inggris dasar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
| Depositing User: | Regina Agasta |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:52 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 06:52 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3831 |
