Rohmah, Rohmah (2025) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik di MA Ikhlas Beramal Kundi Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
halaman awal_1815061(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (825kB)
BAB I_1815061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (431kB) | Request a copy
BAB II_1815061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (444kB) | Request a copy
BABIII_1815061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (531kB) | Request a copy
BAB IV_1815061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (419kB) | Request a copy
BAB V_1815061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (503kB) | Request a copy
daftar pustaka_1815061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (409kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri, baik dalam aspek sosial maupun akademik, yang dapat mempengaruhi perkembangan mereka di sekolah. Meskipun berbagai metode bimbingan telah diterapkan, belum ada bukti yang cukup menunjukkan metode yang paling efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengujian efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sebagai upaya untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik di MA Ikhlas Beramal Kundi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pre-eksperimen. Dengan desain penelitian one group pre-test dan post- test. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 139 orang peserta didik. Sampelnya sebanyak 12 peserta didik yang diambil 2 orang dari setiap kelas yang memiliki masalah penyesuaian diri. Teknik pengumpulan datanya dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan uji kolmogrov smirnov, uji reliabilitas menggunakan anova, dan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-tes.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukakan bahwa penyesuaian diri peserta didik sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dikategorikan rendah dengan total skor rata-rata 86,50 kemudian sesudah diberikan perlakuan (post-test) menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama mengalami peningkatan yaitu sebesar 125,17 dengan kategori tinggi. Dari hasil hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dibandingkan dengan taraf signifikasinya 0.05, nilai Sig. (2 -tailed) ini lebih kecil dari 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | layanan bimbingan kelompok; teknik sosiodrama; penyesuaian diri |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Rohmah Rohmah |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:22 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 07:22 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3820 |
