Wardika, Siva (2025) Peranan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMPN 1 Air Gegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (675kB) | Request a copy
BAB II_2011100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (617kB) | Request a copy
BAB III_2011100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (625kB) | Request a copy
BAB IV_2011100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (662kB) | Request a copy
BAB V_2011100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (439kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (529kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Peranan merupakan suatu konsep kejadian yang dapat dilakukan oleh seorang individu yang sangat penting bagi struktur sosial, peranan meliputi peraturan-peraturan dan nilai-nilai yang dikembangkan sesuai dengan posisi atau tempat seseorang dalam masyarakat. Kepala sekolah adalah seorang guru yang diberikan tugas tambahan memimpin dan mengelola suatu lembaga pendidikan yang formal, supaya dapat meningkatkan kualitas pendidik. Kualitas guru PAI merupakan seorang guru yang dapat menentukan sikap dan keterampilan diri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data-data dikumpulkan dari hasil observasi yang dilakukan di lingkungan sekolah dengan memperhatikan kegiatan kepala sekolah dalam melakukan perannya. Selanjutnya wawancara dengan kepala sekolah dan guru PAI untuk memperoleh informasi. Kemudian dokumentasi untuk memperoleh data tertulis dan data visual berupa catatan tertulis dan foto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMPN 1 Airgegas melakukan peranan, antara lain: 1) sebagai manajer, kepala sekolah merencanakan, mengorganisasikan, dan melakukan monitoring terhadap kualitas guru PAI. 2) sebagai educator, kepala sekolah membimbing guru dalam proses pembelajaran, 3) sebagai leader, kepala sekolah menunjukkan kepemimpinan spiritual dalam mendukung guru PAI agar menjalankan tugasnya dengan baik. 4) sebagai supervisor, kepala sekolah melakukan supervisi untuk mengevaluasi serta memperbaiki kualitas kinerja guru; 5) sebagai motivator, kepala sekolah mendorong guru untuk meningkatkan kinerja guru PAI. 6) sebagai administrator, kepala sekolah mendokumentasikan seluruh kegiatan sekolah. Namun, dalam pelaksanaannya kepala sekolah mengalami beberapa hambatan, di antaranya keterbatasan fasilitas terbatas, kompetensi guru PAI yang belum merata, serta kurang efektifnya koordinasi antar pihak terkait.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | peranan; kepala sekolah; kualitas guru pai |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Siva Wardika |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:48 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 04:48 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3801 |
