Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying verbal di SMP Negeri 4 Toboali

Lulu, Lulu (2025) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying verbal di SMP Negeri 4 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2121059.pdf] Text
Halaman Awal_2121059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2121059.pdf] Text
BAB I_2121059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2121059.pdf] Text
BAB II_2121059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2121059.pdf] Text
BAB III_2121059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2121059.pdf] Text
BAB IV_2121059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2121059.pdf] Text
BAB V_2121059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2121059.pdf] Text
Daftar Pustaka_2121059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) terhadap siswa kelas VII yang menjadi korban bullying di SMP Negeri 4 Toboali, serta mengidentifikasi faktor- faktor yang menyebabkan terjadinya bullying pada siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru BK sebagai informan utama dan lima orang siswa kelas VII yang menjadi korban bullying sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap awal (pembentukan hubungan, identifikasi masalah, dan kesepakatan), tahap pertengahan (eksplorasi dan pemahaman masalah), serta tahap akhir (penyimpulan dan tindak lanjut). Layanan ini dinilai cukup efektif untuk membantu siswa korban bullying dalam membangun kembali kepercayaan diri mereka. Selain itu, faktor penyebab bullying pada siswa kelas VII diidentifikasi berasal dari empat aspek, yaitu: keluarga (minimnya perhatian dan dukungan), sekolah (pengawasan kurang optimal), kelompok sebaya (lingkungan pertemanan yang tidak suportif), dan kondisi lingkungan sosial (pengaruh media dan ketidakharmonisan lingkungan sekitar).

Melalui hasil penelitian ini, diharapkan guru BK, sekolah, dan orang tua dapat lebih berperan aktif dalam mencegah dan menangani bullying dengan memberikan pendampingan yang tepat kepada siswa, serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: bimbingan; bullying;g uru bk
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Lulu Lulu
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:50
Last Modified: 30 Sep 2025 03:50
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3800

Actions (login required)

View Item
View Item