Febrianti, Valentina (2025) Penerapan metode cooperative learning tipe student teams achievement divisions (STAD) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII A SMP Negeri 1 Simpang Katis Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011209.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
BAB I_2011209.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (500kB) | Request a copy
BAB II_2011209.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (359kB) | Request a copy
BAB III_2011209.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (493kB) | Request a copy
BAB IV_2011209 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (849kB) | Request a copy
BAB V_2011209.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011209.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (129kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah pertama sering kali masih berlangsung secara konvensional, dimana guru menjadi pusat informasi dan siswa cenderung pasif dalam proses belajar. Hal ini berdampak pada rendahnya partisipasi aktif siswa, kurangnya kerja sama antar siswa, dan terbatasnya pemahaman mendalam terhadap materi PAI. Padahal pembelajaran PAI tidak hanya bertujuan menyampaikan pengetahuan, tetapi juga membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan efektifitas pembelajaran dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Metode ini menekankan kerja sama kelompok heterogen, tangungjawab individu kelompok, dan evaluasi kelompok yang adil. Dengan penerapan metode ini, diharapkan tercipta suasana belajar yang lebih inklusif menyenangkan, dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait materi pembelajaran.
Pada tahapan perencanaan, guru menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan prinsip STAD, seperti membentuk kelompok heterogen, menyiapkan lembar kerja, dan menentukan indikator keberhasilan. Pada tahap pelasanaan, proses pembelajaran dalam beberapa langkah, yaitu penyampaian materi secara klasikal, kerja kelompok, diskusi antar anggota, kuis individu dan pemberian penghargaan kelompok. guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing dalam menjaga dinamika kerja tim serta memastikan semua siswa berpratisipasi aktif. Tahap evaluasi dilakukan melalui umpan balik, memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi yang telah di pelajari, dan bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | tujuan instruksional; materi pelajaran; metode pembelajaran; interaksi edukatif guru dengan siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | VALENTINA FEBRIANTI |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 06:06 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 06:06 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3799 |
