Mega, Mega (2025) Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTS Nurul Hikmah Desa Kapuk. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (836kB)
BAB 1_2111091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (259kB) | Request a copy
BAB II_2111091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (513kB) | Request a copy
BAB III_2111091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (251kB) | Request a copy
BAB IV_2111091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (818kB) | Request a copy
BAB V_2111091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (132kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pendidik memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang efektif. Pendidik yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas, dengan menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang tepat. Untuk meningkatkan motivasi belajar, serta pemahaman siswa terhadap materi-materi pembelajaran, guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran seperti Contextual Teaching and Learning yang dapat membuat siswa lebih paham terhadap materi pembelajaran, serta aktif dan bersemangat dalam belajar.
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Mengetahui implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VII di MTs Nurul Hikmah Kapuk. 2) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi Model CTL pada mata pelajaran Akidah Akhlak Siswa kelas VII MTs Nurul Hikmah Desa Kapuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di MTs Nurul Hikmah Kapuk menunjukkan hasil yang positif. Hal ini ditunjukkan dengan siswa kelas VII yang sudah berpartisivasi aktif dan kolaboratif, sehingga termotivasi untuk mengikuti pembelajaran akidah akhlak dikelas. Dengan begitu model CTL dikatakan sangat efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak khususnya pada peningkatan motivasi belajar siswa, dengan melalui tujuh tahapan, yaitu; 1) Konstruktivisme. 2) Inquri. 3) Bertanya. 4) Kelompok Belajar. 5) Pemodelan. 6) Refleksi dan. 7) Penilaian Autentik dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang semestinya. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung sekaligus penghambat pelaksanaan Model CTL yaitu, kurikulum, pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, teknologi, dukungan kepala sekolah dan lingkungan sekolah.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Akidah Akhlak, Motivasi Belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model pembelajaran; contextual teaching and llearning; akidah akhlak; motivasi belajar. |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mega Mega |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:35 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 06:35 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3785 |
