Marhama, Yalsya (2025) Strategi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar pada anak broken home di SD Negeri 27 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (617kB)
BAB I_2011108.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (342kB) | Request a copy
BAB II_2011108.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (486kB) | Request a copy
BAB III_2011108.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (350kB) | Request a copy
BAB IV_2011108.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (497kB) | Request a copy
BAB V_2011108.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011108.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Permasalahan dari penelitian ini adalah terkait minat belajar peserta didik, khususnya peserta didik broken home dimana menyentuh aspek keadaan mereka terhadap pembelajaran PAI di SD Negeri 27 Pangkalpinang. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar pada anak broken home di SD Negeri 27 Pangkalpinang, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar pada anak broken home di SD Negeri 27 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri 27 Pangkalpinang dan sumber data penelitian yang didapatkan ialah sumber data
primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakakukan mencakup wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
diantaranya reduksi data yang mengacu pada pedoman wawancara, pedoman observasi, dan penarikan kesimpulan yang berfokus pada fakta lapangan yang telah ditemukan dari hasil penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan strategi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar pada anak broken home di SD Negeri 27 Pangkalpinang, diantaranya: 1) strategi ekspositori meliputi memusatkan perhatian peserta didik dan melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, 2) strategi inkuiri meliputi mendorong keterlibatan mental, penggunaan keterampilan berfikir tingkat tinggi, dan mendorong pemusatan perhatian peserta didik untuk mengumpulkan dan menginterpretasi data , 3) strategi
berbasis masalah meliputi mengorganisasi peserta didik untuk belajar, dan membimbing pengalaman individual atau kelompok, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, 4) strategi kooperatif meliputi peserta didik didorong untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah dalam situasi nyata dan peserta didik menggunakan sumber-sumber pengetahuan, 5) strategi pembelajaran kelompok meliputi membentuk kelompok
pembelajaran dan memperhatikan kualitas pembelajaran, 6) strategi pembelajaran individual meliputi pembelajaran peserta didik secara mandiri, serta faktor-faktor yang
mempengaruhi minat belajar pada anak broken home di SD Negeri 27 Pangkalpinang, diantaranya faktor pendukung yang meliputi kesehatan jasmani, fasilitas pembelajaran, dan
sistem pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat meliputi lingkungan sosial dan motivasi peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Strategi Guru PAI; Minat Belajar; Broken Home |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Yalsya Marhama |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:58 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 04:58 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3773 |
