Wahyudin, Muhammad (2025) Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinema trerapy dalam meningkatkan konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurahman Siddik.
HALAMAN_AWAL_1915047[2].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (742kB)
BAB_I_1915047[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (258kB) | Request a copy
BAB_II_1915047[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (403kB) | Request a copy
BAB_III_1915047[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (354kB) | Request a copy
BAB_IV_19150479[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (300kB) | Request a copy
BAB_V_1915047[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (139kB) | Request a copy
DAFTAR_PUSTAKA_1915047[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (214kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan era digital memunculkan tantangan baru bagi remaja, terutama dalam membentuk konsep diri yang sehat. Paparan media sosial sering kali menyebabkan perbandingan sosial negatif yang berdampak pada rendahnya kepercayaan diri dan citra diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinema therapy dalam meningkatkan konsep diri peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Mendo Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 15 peserta didik dengan tingkat konsep diri rendah dan sedang, yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa angket konsep diri yang telah diuji validitas dan reliablitasnya. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test melalui aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menandakan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara sebelum dan sesudah diberikan layanan. Rata-rata skor pretest sebesar 84,87 meningkat menjadi 11,13 pada posttest, yang mengindikasikan peningkatan konsep diri dari kategori sedang ke tinggi. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinema therapy terbukti efektif dalam meningkatkan konsep diri peserta didik. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media film dalam setting bimbingan kelompok mampu membangun refleksi diri, empati, dan kesadaran personal yang mendalam.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konsep diri:bimbingan kelompok; cinema trerapy; remaja |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Muhammad Wahyudin |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 06:35 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 06:35 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3759 |
