Anggela, Windi (2025) Meningkatkan aspek sosial emosional melalui pendidikan entrepreneurship pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Ad-Adhuha Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2112015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (857kB)
BAB I_2112015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB) | Request a copy
BAB II_2112015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (434kB) | Request a copy
BAB III_2112015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (292kB) | Request a copy
BAB IV_2112015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (519kB) | Request a copy
BAB V_2112015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (209kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2112015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (234kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Masa kanak-kanak ini yakni masa yang paling tepat untuk meletakan dasar pertama dan utama dalam mengembangankan berbagai potensi dan kemampuan anak baik berupa fisik, kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, spiritual, disiplin diri,dan kemandirian. Perkembangan sosial emosional yang baik akan menciptakan generasi yang positif. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aspek sosial emosional melalui pendidikan entrepreneurship dan hasil peningkatan aspek sosial emosional melalui pendidikan entrepreneurship pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Ad-Dhuha Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan entrepreneurship melalui kegiatan market day berjalan sesuai perencanaan dengan keterlibatan guru, anak, dan orang tua. Kegiatan ini terbukti memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan aspek sosial emosional anak, meliputi: (1) kesadaran diri, (2) tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain, anak mampu menjaga tugasnya, melayani dengan ramah, serta bekerja sama dalam kelompok, (3) perilaku prososial, anak menunjukkan sikap suka menolong, berbagi, dan empati.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | entrepreneurship; sosial emosional; anak usia dini |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Windi Anggela |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 08:19 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 08:19 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3757 |
