Parawansa, Tiara Indah (2025) Pengembangan media kincir abjad dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2112014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (915kB)
BAB I_2112014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (345kB) | Request a copy
BAB II_2112014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (442kB) | Request a copy
BAB III_2112014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (429kB) | Request a copy
BAB IV_2112014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (969kB) | Request a copy
BAB V_2112014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2112014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (314kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Stimulasi perkembangan kognitif anak usia dini khususnya dalam pengenalan abjad, sebagai dasar keberhasilan belajar selanjutnya. Observasi awal di TK Dharma Wanita Toboali menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan kurang menarik bagi anak-anak usia 5-6 tahun, anak usia dini cenderung lebih tertarik dan mudah memahami sesuatu melalui kegiatan bermain yang menyenangkan sehingga diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Media kincir abjad dikembangkan sebagai solusi untuk meningkatkan minat dan kemampuan anak dalam mengenal huruf dan mengembangkan kemampuan kognitif lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kincir abjad dan menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Toboali.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa media kincir abjad merupakan media pembelajaran yang inovatif, valid, praktis, dan efektif. Peningkatan ini ditunjukkan dengan hasil uji coba yang memperoleh total rata-rata sebesar 96,07% media ini direkomendasikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di taman kanak-kanak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kincir abjad; perkembangan kognitif; anak usia 5-6 tahun; tk dharma wanita toboali |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Tiara Indah Parawansa |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 08:27 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 08:27 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3756 |
