Fitri, Nopika (2025) Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik verbal melalui permainan pohon kata anak usia dini 5-6 tahun di TK IT Cahaya Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2112017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (881kB)
BAB I_2112017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (297kB) | Request a copy
BAB II_2112017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
BAB III_2112017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (321kB) | Request a copy
BAB IV_2112017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (395kB) | Request a copy
BAB V_2112017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2112017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya melatih perkembangan bahasa pada anak usia dini. Melatih perkembangan bahasa pada anak usia dini dapat dilakukan guru salah satunya dengan bermain pohon kata. Sebab dari media pohon kata anak dapat lebih tertarik belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik verbal anak. Permainan pohon kata digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif untuk melatih kemampuan berbahasa pada anak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa peran guru, yaitu guru sebagai fasilitator harus mampu memfasilitasi seluruh kebutuhan anak, guru sebagai motivator memberikan dorongan dan semangat pada anak, guru sebagai pembimbing membantu anak dalam kesulitan belajar, guru sebagai pengelola merencanakan kebutuhan anak dalam aktivitas belajar, dan guru sebagai evaluator memberi penilaian dalam proses pembelajaran. Hasil pengembangan kecerdasan linguistik verbal melalui permainan pohon kata anak usia 5-6 tahun dapat meningkatkan kemampuan membaca lebih baik, meningkatkan kosakata pada anak, membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara, serta meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | peran guru; kecerdasan linguistik verbal; permainan pohon kata; anak usia dini |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Nopika Fitri |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 08:01 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 08:01 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3751 |
