Pratiwi, Andini (2025) Pengaruh program live streaming dan flash sale di marketplace terhadap perilaku impulsive buying mahasiswa program studi Perbankan Syariah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2131042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (566kB)
BAB 1_2131042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (247kB) | Request a copy
BAB 2_2131042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (377kB) | Request a copy
BAB 3_2131042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (340kB) | Request a copy
BAB 4_2131042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (521kB) | Request a copy
BAB 5_2131042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2131042.pdf
Download (209kB)
Abstract
INDONESIA :
Di era modern ini, segalanya menjadi lebih mudah akibat perkembangan teknologi, terutama dengan hadirnya internet. Salah satu perkembangan teknologi internet yang sering digunakan adalah aktivitas perdagangan elektronik atau marketplace, yang dibuktikan dengan banyaknya marketplace bermunculan. Penawaran seperti program live streaming dan flash sale mampu meningkatkan pembelian tidak terencana atau impulsive buying karena konsumen tergiur dengan penawaran yang dianggap tidak selalu tersedia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana program live streaming dan flash sale berpengaruh terhadap perilaku impulsive buying.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan diperoleh sampel sebanyak 77 orang. Sedangkan analisis data yang digunakan terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikoliniearitas, dan heteroskedasitas), uji regresi linear berganda dan uji hipotesis ( uji t, uji F dan determinasi koefisien R^2). Seluruh analisis tersebut dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik SPSS versi 30 untuk memastikan akurasi dan kemudahan pengolahan data.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh program live streaming di marketplace secara parsial terhadap perilaku impulsive buying mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah. Dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05 dan nilai t hitung 2.114 > t tabel 1,992. Sebaliknya, tidak terdapat pengaruh flash sale di marketplace secara parsial terhadap perilaku impulsive buying mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah. Dengan nilai signifikansi 0,165 > 0,05 dan nilai t hitung 1.403 < t tabel 1,992. Hasil penelitian ini juga menunjukan terdapat pengaruh program live streaming dan flash sale di marketplace secara simultan terhadap perilaku impulsive buying mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah. Dengan nilai signifikansi 0,007< 0,05 dan nilai F hitung 5.386 > F tabel 3,12.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | program live streaming; flash sale; perilaku impulsive buying |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Andini Pratiwi |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 06:08 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 06:08 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3734 |
