Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dalam meningkatkan resiliensi akademik peserta didik di SMA Negeri 2 Toboali

Andela, Monica (2025) Efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dalam meningkatkan resiliensi akademik peserta didik di SMA Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2115019.pdf] Text
Halaman Awal_2115019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (895kB)
[thumbnail of BAB I_2115019.pdf] Text
BAB I_2115019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2115019.pdf] Text
BAB II_2115019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2115019.pdf] Text
BAB III_2115019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2115019.pdf] Text
BAB IV_2115019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2115019.pdf] Text
BAB V_2115019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2115019.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2115019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini diambil berdasarkan hasil temuan terhadap peserta didik dengan kriteria seperti kesulitan dalam beradaptasi, mudah putus asa, cepat menyerah atau mundur ketika menghadapi tekanan, stres dan kesulitan, merasa pesimis, tidak memiliki perencanaan yang pasti mengenai masa depan, tidak mendapat dukungan dari orang tua, tidak mudah bergaul dalam pertemanan, tidak dapat berpikir dengan baik, tidak memiliki sebuah talenta, tidak percaya dengan diri sendiri dan tidak mampu untuk membuat keputusan, tidak berpegang teguh pada keyakinan agama yang dimilikinya. Oleh sebab itu, peneliti bekerja sama dengan guru BK untuk membantu peserta didik meningkatkan resiliensi akademik. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dalam meningkatkan resiliensi akademik.

Keterkaitan dengan tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperiment design dengan pretest-posttest berbentuk nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk menguji hipotesis tentang efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa SMA Negeri 2 Toboali.

Berdasarkan hasil analisis di atas dengan menggunakan Independent Sampel T-Test ditemukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,043<0,05 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak karena adanya perbedaan tingkat resiliensi akademik, yang berarti terdapat efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik dalam meningkatkan resiliensi akademik peserta didik di SMA Negeri 2 Toboali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: layanan konseling kelompok; teknik modeling simbolik; resiliensi akademik; peserta didik; quasi eksperiment
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Monica andela
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:04
Last Modified: 18 Sep 2025 04:04
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item
View Item