Anggaleni, Uci (2025) Pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di MTS Al Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011217.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (689kB)
BAB I_2011217.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
BAB II_2011217.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB) | Request a copy
BAB III_2011217.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (315kB) | Request a copy
BAB IV_2011217.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (316kB) | Request a copy
BAB V_2011217.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (262kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011217.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (253kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di MTs Al Islam Kemuja pada mata pelajaran fiqih model pembelajaran Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini agar siswa yang belajar kurang aktif atau kurang dalam memperhatikan mata pelajaran bisa meningkatkan pembelajarannya menjadi lebih aktif dalam menggunakan model pembelajaran Jigsaw ini siswa lebih bisa konsisten dalam mengerjakan tugasnya atau lebih senang dalam memperhatikan mata pelajaran tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi experimental Design. Pengumpulan data menggunakan tes yaitu Pre-test dan Post-tes. Dalam penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan pengujian yang telah dilakukan terhadap hasil tes diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih . Dibuktikan dengan uji hipotesis nilai Post-test yaitu sig. 0,000 < 0,05 sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajarran fiqih untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di MTs Al Islam Kemuja.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pembelajaran model jigsaw; meningkatkan pemahaman |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Uci Anggaleni |
| Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:05 |
| Last Modified: | 16 Sep 2025 01:05 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3725 |
